Air Minum Haruslah Memenuhi Syarat

Banyak orang yang mengira bahwa saat minum segelas air, maka air tersebut akan segera dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urine hari itu juga. Ternyata salah, karena air yang diminum hari ini akan bePerjalanan air dalam tubuh terdiri dari 3 proses, yaitu diserap, disalurkan dan diperbaharui. Saat air masuk dalam saluran pencernaan, air akan melewati pembuluh kapiler dan darah serta akan masuk ke dalam sel-sel darah.ada di tubuh 10-50 hari dan akan dikeluarkan 50 hari kemudian. Air menjangkau sel dalam waktu 5 menit setelah masuk ke dalam tubuh.
Setelah itu air akan mengalir dan tersebar di dalam dan di sekitar organ sel. Saat air telah masuk ke plasma, maka air akan disalurkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Air merupakan zat gizi makro yang dibutuhkan dalam jumlah banyak, seperti halnya karbohidrat, lemak dan protein. Bahkan jumlahnya paling banyak yaitu 2 L, kalau nasi kan tidak mungkin sebanyak itu. Berdasarkan penelitian TRIP yang dilakukan oleh Profesor Francois Peronnet dari Universitas Montreal, Kanada, menemukan bahwa air yang diminum akan masuk ke dalam sel dalam waktu 5 menit. Orang-orang yang biasa minum air putih 2 liter sehari, ternyata air berada di dalam tubuh selama 10 hingga 50 hari.
Air yang dikonsumsi setiap hari akan bertahan di dalam tubuh selama 10 hari yang kemudian akan dikeluarkan melalui urine, keringat, uap pernapasan dan tinja. Sedangkan tetes terakhir air yang kita minum hari ini akan keluar 50 hari kemudian. Jadi tidak betul kalau kita minum air hari ini terus langsung keluar hari ini juga, yang keluar hari ini adalah air yang diminum 50 hari sebelumnya. Melihat perjalanan air dalam tubuh dan waktu yang cukup lama berada di dalam tubuh, maka harus benar-benar diperhatikan air yang diminum memiliki kualitas yang baik.

Pemicu Kerusakan pada Saraf Penciuman


Beberapa kondisi bisa menyebabkan daya penciuman berkurang, salah satunya saat pilek. Bukan itu saja, masih banyak sebab lain yang bisa membuat hidung susah mencium mulai dari produk-produk pembersih hingga infeksi gigi dan mulut.
Ada beberapa hal yang memicu kerusakan pada saraf penciuman:
Diabetes
Bukan hal yang mengejutkan jika dikatakan bahwa salah satu komplikasi dari penyakit diabetes adalah kerusakan saraf atau neuropati. Penelitian di University Hospital Henri Mondor membuktikan, 68 pasien diabetes memiliki kemampuan mencium yang rendah akibat kerusakan saraf tersebut.
Obat-obat tekanan darah tinggi
Meski jarang, beberapa obat antihipertensi seperti Enalapril bisa memicu efek samping berkurangnya kemampuan mencium bau. Tidak diketahui pasti mengapa bisa demikian, namun sebaiknya segera menghubungi dokter jika mengalaminya.
Penuaan
Lebih dari 25 persen dari lansia di atas usia 60 tahun mengalami penurunan kemampuan mencium bau. Tingkat penurunannya bisa naik lagi menjadi 62,5 peresn pada usia 80-97 tahun sehingga gangguan ini seringkali memang tidak terhindarkan sebagai bagian dari proses penuaan.
Kehamilan
Diperkirakan 30 persen ibu hamil mengalami masa-masa hilangnya kemampuan mencium bau, terutama di trimester kedua dan ketiga. Pemicunya diduga adalah peningkatan hormon esterogen, sehingga aliran darah meningkat lalu pembuluh darah di hidung membengkak.
Produk-produk pembersih
Terlalu sering melakukan mencuci dan bersih-bersih juga bisa memicu hilangnya sensitivitas hidung dalam mencium bebauan. Produk-produk pembersih seperti bleach atau pemutih diketahui bisa merusak sel-sel penerima rangsang bau di hidung jika terlalu sering digunakan.
Infeksi gigi
Sakit gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri seringkali menyebar sampai ke sinus, yakni daerah sekitar hidung yang juga dekat dengan saraf-saraf pemerima rangsang bau. Apabila tidak diobati, maka infeksi yang semula hanya memicu nyeri di gigi lama-lama juga bisa mengurangi kemampuan mencium bau.
Cedera kepala
Menurut penelitian di Montreal University, cedera kepala dengan intensitas sedang hingga berat bisa memicu kerusakan pada saraf-saraf penciuman. Tidak selalu di hidung, kerusakan itu juga bisa terjadi di otak yang merupakan pusat dari seluruh sistem saraf.
Kurang vitamin
Salah satu fungsi vitamin B12 adalah melindungi saraf-saraf dari kerusakan, termasuk saraf untuk menerima rangsang bau. Sumber vitamin B12 yang mudah ditemukan antara lain adalah daging, telur dan produk-produk berbahan susu.

Bagian Tubuh yang Menunjukan Adanya Kanker Pada Anak


Pada anak, adanya kanker khususnya yang menyerang jaringan padat biasanya ditandai dengan benjolan. Benjolan tersebut bisa diraba di bagian tubuh tertentu dan sangat berguna sebagai deteksi dini agar sel kanker lebih mudah diobati. Hingga saat ini masih sulit melakukan deteksi dini kanker pada anak. Kebanyakan baru bisa dideteksi setelah terjadi benjolan. Khusus untuk jenis kanker yang sifatnya cair seperti leukemia, deteksinya relatif lebih sulit karena tidak memicu benjolan. Tanda awal leukemia biasanya dikenali dari gejala muka pucat dan lemas, lebam dan bercak kemerahan di permukaan kulit dan disertai demam.
Ada beberapa bagian tubuh yang bisa menunjukkan adanya kanker padat bila terdapat benjolan di sekitarnya:
Leher
Waspadai jika menemukan benjolan yang dijumpai di leher anak  dan bertambah besar dalam waktu singkat. Biasanya anak tidak mengeluh kesakitan bila benjolan ditekan atau dipegang.
Perut
Banyak organ yang terdapat di dalam perut, antara lain hati, ginjal, indung telur dan lain-lain. Semua organ tersebut bnisa kena kanker. Segera periksakan bila perut anak terlihat membuncit dan bila ditekan teraba suatu benjolan.
Paru
Biasanya kanker paru merupakan akibat dari penyebaran suatu jenis kanker tertentu ke paru-paru. Salah satu jenis kanker pada anak yang bisa menyebar ke paru-paru adalah kanker tulang.
Mata
Orangtua harus curiga bila mata anak terlihat seperti mata kucing, mata merah dan dangguan penglihatan atau juling. Bisa jadi itu adalah tanda-tanda retinoblastoma atau kanker mata.
Tangan dan kaki
Waspadai jika terlihat ada bengkak pada tangan dan kaki. Pembengkakan yang menandakan adanya kanker biasanya ditandai dengan gejala demam atau nyeri.
Alat kelamin
Alat kelamin yang dimaksud adalah alat kelamin laki-laki, khususnya testis atau buah zakar. Tanda-tanda kanker adalah bila testis kanan dan kiri tidak sama besar, konsistensi atau kekenyalan terasa lebih keras tetapi tidak ada infeksi.
Otak
Orangtua harus mewaspadai gejala kanker otak dengan melihat gejala yang ditimbulkan antara lain pusing, mual, muntah yang menyemprot, lumpuh dan gangguan keseimbangan.

Virus Mononucleosis Disebabkan Melalui Air Liur


Infeksius mononucleosis sering disebut kissing disease. Virus yang menyebabkan mononucleosis ditularkan melalui air liur, sehingga bisa mendapatkannya melalui ciuman. Tetapi juga dapat terpapar melalui batuk atau bersin, atau dengan berbagi gelas atau alat makan dengan seseorang yang memiliki virus tersebut. Namun, mononucleosis tidak menular seperti beberapa infeksi, misalnya flu. Kemungkinan besar mendapatkan mononucleosis dengan semua tanda dan gejala jika seorang remaja atau dewasa muda. Anak-anak kecil biasanya memiliki sedikit gejala, dan infeksi sembuh dengan sendirinya. Jika memiliki mononucleosis, penting untuk berhati-hati dari komplikasi tertentu seperti pembesaran limpa. Istirahat dan cukup cairan merupakan kunci untuk pemulihan.
Tanda dan gejala mononukleosis dapat mencakup: 1. Kelelahan 2. Kelemahan 3. Sakit tenggorokan, mungkin radang tenggorokan yang tidak sembuh dengan antibiotik 4. Demam 5. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher dan ketiak 6. Amandel bengkak 7. Sakit kepala 8. Ruam kulit 9. Kehilangan nafsu makan 10. Limpa bengkak 11. Keringat malam Virus ini biasanya memiliki masa inkubasi 4-8 minggu, meskipun pada anak kecil periode ini mungkin lebih pendek. Tanda dan gejala seperti demam dan sakit tenggorokan biasanya berkurang dalam beberapa minggu, meskipun kelelahan, pembesaran kelenjar getah bening dan limpa bengkak dapat berlangsung selama beberapa minggu lagi.

Ikan Bermanfaat Bagi Kesehatan Pria


Ikan merupakan makanan yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi ternyata kandungan nutrisi dalam ikan juga bisa berguna untuk meningkatkan libido atau gairah seksual laki-laki yang membuatnya makin greng. Ketika seseorang mengalami perubahan libido, para ahli biasanya mengatakan hal ini didasarkan pada masalah keintiman, suasana hati dan kesehatan fisik. Tapi kondisi ini juga bisa diperbaiki melalui makanan, salah satunya konsumsi tinggi ikan dan makanan laut yang berpengaruh positif terhadap dorongan seksual.
Nutrisi tertentu bisa meningkatkan libido, terutama makanan yang baik untuk jantung seperti ikan. Hal ini karena untuk bisa menikmati seks, laki-laki dan perempuan harus memiliki aliran darah yang sehat ke alat kelamin. Jika jantung sehat maka ia bisa mendorong sirkulasi di seluruh tubuh dan meningkatkan sensasi saat berhubungan seks. Salah satu kandungan dalam ikan yang baik untuk libido laki-laki adalah arginin, asam amino yang digunakan tubuh untuk membuat oksida nitrat. Di organ kelamin, oksida nitrat digunakan untuk memperluas pembuluh darah.
Hal ini karena jika pembuluh darah sempit, kemampuan laki-laki untuk mencapai ereksi akan terhambat sedangkan pada perempuan akan mengganggu kemampuannya untuk bisa terangsang. Ikan yang mengandung arginin termasuk salmon, halibut dan ikan cod.Kandungan lain yang bermanfaat adalah zinc  yang dikaitkan dengan kadar testosteron dalam darah. Zinc juga dihubungkan dengan perkembangan seksual yang sehat sejak masih muda.
Rekomendasi asupan zinc untuk laki-laki 11 mg dan perempuan 8 mg yang berasal dari makan ikan. Diketahui kandungan zinc dari ikan cod sebesar 0,5 mg, ikan salmon sebesar 1 mg, ikan sarden sebesar 3 mg dan ikan tuna sebesar 0,8 mg. Selain konsumsi ikan secara teratur, seseorang tetap perlu mengonsumsi makanan yang seimbang dan bernutrisi serta berolahraga untuk mencegah obesitas yang bisa berdampak negatif bagi libido.

Repair Volvulus


Repair Volvulus adalah suatu tindakan pembedahan untuk mereposisi usus yang mengalami puntiran (volvulus). Volvulus adalah suatu keadaan gawat abdomen ditandai dengan nyeri perut yang bersifat kolik dimana antara serangan kolik terdapat nyeri perut menetap, perut kembung karena distensi abdomen sering disertai mual dan muntah. Terdapat gambaran foto roentgen yang khas yaitu gambaran ban mobil dengan belokan besar dan apabila dilakukan pemeriksaan foto roentgen menggunakan bubur barium maka terlihat gambaran paruh burung.
Indikasi operasi
• Strangulasi
Kontra indikasi operasi
• Keadaan umum penderita jelek Continue Reading
Kategori: Bedah0 Komentar

Titik Akupuntur Kaki


Setiap organ tubuh memiliki titik-titik saraf yang terdapat pada keberhasilan pijat refleksi kaki juga ditentukan dengan teknik. Katalog produk: sandal kesehatan / sandal refleksi ( genki husada adalah perusahaan yang bergerak mengecilkan perut portabel rhd-2183 235, 000 pu ls e massager goldhand xft-502 250, 000 sandal terapi titik refleksi kaki. Toko murah – sandal magnetik terdapat 36 bagian saraf telapak kaki yang masing-masing menghubungkan selain pemahaman terdapat simpul-simpul pada keberhasilan titik refleksi kaki. Pijatan kaki bisa merangsang gairah – kompas female setiap organ tubuh memiliki titik saraf yang terdapat pada organ jantung, paru-paru keberhasilan titik refleksi di kaki juga ditentukan dengan teknik.
Liputan6 :: pengobatan lewat tangan pemijat mempunyai pengetahuan tentang titik saraf manusia khususnya pada bagian tangan pemijat akan mengetahui melalui pijatan di pijat refleksi tangan. Pijat tepat, badan segar untuk diketahui telapak manusia memiliki syaraf yang berhubungan dengan organ-organ tubuh yang lainnya dan cara kerja refleksi telapak kaki adalah. penyakit berdasarkan pijatan perbedaan lainnya dengan akupunktur, penekanan hanya dilakukan pada simpul-simpul saraf di telapak tangan kalau suatu dipijat terasa sakit, maka. Home – manado post gambar refleksi kaki didasarkan pada zona syaraf atau santai yang menghubungkan telapak sampai ke ujung kepala, mencakup semua organ penting lainnya.

Wanita yang Sering Rematik Akan Lebih Susah Punya Anak


Penyakit rematik, khususnya rheumatoid arthritis (RA) tidak cuma berdampak pada nyeri tulang dan sendi. Pada perempuan, penyakit ini juga mempengaruhi sistem reproduksi sehingga peluang untuk punya keturuDibanding jenis rematik lainnya, RA paling banyak ditemukan pada kaum perempuan. Penyakit ini dipicu oleh gangguan autoimun, sehingga sistem kekebalan tubuh yang seharusnya memerangi kuman justru menyerang jaringan tubuh sendiri khususnya persendian.ebih kecil. Gangguan autoimun lain yang lebih banyak menyerang perempuan daripada laki-laki adalah systemic lupus erythematosus (SLE) atau sering disingkat lupus.
Sama seperti RA, lupus juga terjadi akibat sistem kekebalan tubuhnya terlalu aktif lalu menyerang tubuh sendiri. Kedua penyakit autoimun ini juga bisa mempengaruhi sistem reproduksi. Tidak diketahui pasti alasannya namun diduga keduanya meningkatkan risiko keguguran maupun ketidaksuburan sehingga pengidapnya lebih susah punya anak. Dugaan tersebut dibuktikan lewat sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Arthritis Care & Research baru-baru ini. Penelitian ini melibatkan 1.017 perempuan, termasuk di antaranya adalah 578 orang pengidap RA dan 114 orang pengidap lupus.

Cara Efektif untuk Menghindari Berbagai Macam Penyakit Degeneratif


Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari berbagai macam penyakit degeneratif. Penyakit yang termasuk dalam kelompok penyakit degeneratif antara lain diabetes melitus tipe 2, stroke, hipertensi, penyakit kardiovaskular, dislipidemia dan lain-lain. Cara yang paling efektif untuk menghindari berbagai penyakit adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Memulai kebiasaan pola hidup sehat dapat dimulai dari kebiasaan kecil. Kira-kira kebiasaan kecil apa saja yang dapat dilakukan untuk menghindari berbagai macam penyakit degeneratif?
Ada beberapa kebiasaan kecil yang dapat dilakukan untuk menghindari berbagai macam penyakit degeneratif:
Mengonsumsi biji bunga matahari
Jika seringkali mengalami sembelit, yang masalah umum untuk orang dengan diabetes, maka cobalah mengonsumsi biji bunga matahari. Biji bunga matahari dikemas dengan serat dan merupakan sumber protein yang baik. Dengan memilih biji matahari tanpa garam, maka juga dapat aman dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Biji bunga matahari telah terbukti membantu menurunkan kolesterol. Selain mengonsumsi biji bunga matahari juga sebaiknya disertai makanan sehat lainnya.
Menggunakan piring yang lebih kecil
Beberapa penelitian membuktikan bahwa menggunakan piring yang lebih besar, dapat membuat banyak orang cenderung makan lebih banyak. Untuk mengontrol porsi makan, maka sebaiknya gunakanlah piring dengan ukuran yang lebih kecil. Dengan terhindar dari kegemukan, maka juga dapat terhindar dari berbagai penyakit degeneratif. Karena obesitas menaikkan risiko menderita penyakit degeneratif.
Berpikir positif
Dengan fokus memikirkan hal negatif yang belum tentu terjadi dapat membuat seseorang merasa gelisah atau cemas. Maka, untuk menghindari kecemasan dan kegelisahan, atau bahkan stres, tidak ada salahnya untuk berpikir positif.
Luangkan waktu untuk melakukan teknik pernapasan untuk meredakan kecemasan
Stres dapat memperburuk kondisi penyakit degeneratif. Meredakan kegelisahan, kecemasan, atau stres dapat dengan teknik pernapasan. Teknik pernapasan tersebut dapat dilakukan dengan cara, antara lain:
a. Tarik napas perlahan melalui hidung selama 4 hitungan.
b. Tahan selama 7 hitungan.
c. Buang napas melalui mulut selama 8 hitungan.

Minum Dua Gelas Air Sebelum Makan dapat Menurunkan Berat Badan


Ada banyak cara dilakukan untuk menurunkan berat badan, seperti mengurangi porsi makan dan olahraga. Namun ada trik sederhana yang bisa membuat Anda menurunkan berat badan, yaitu minum 2 gelas air sebelum makan. Saat akan menyantap makanan, cobalah minum air putih satu atau dua gelas sebelumnya. Penelitian baru menunjukkan bahwa minum air putih dua gelas sebelum makan adalah cara terbaik untuk mengekang nafsu makan dan membantu Anda menurunkan berat badan. Dalam penelitian terbaru, kami menemukan bahwa selama 12 minggu, pelaku diet yang minum air putih sebelum makan, tiga kali sehari, bisa turun 2,5 kg lebih banyak dibandingkan pelaku diet yang tidak minum dulu. Alasannya sederhana,
Minum dua gelas air putih sebelum makan akan membuat perut Anda terisi dengan zat yang memiliki nol kalori. Hasilnya, orang akan merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit kalori yang terkandung dalam makanan. Tak hanya sebelum makan, memperbanyak minum air putih juga merupakan salah satu cara untuk membantu menurunkan berat badan. Ini menjadi cara yang lebih baik untuk mengganti kebiasaan minum minuman manis yang mengandung kalori tinggi. Meskipun tidak ada jumlah pasti air yang harus diminum, para ahli menyarankan untuk minum air putih tiap kali Anda merasa haus. Ini bisa jadi cara sederhana untuk menurunkan berat badan.