REKAM MEDIS

Rekam Medis itu Penting.
Rekam medis adalah profesi yang sangat penting di bidang kesehatan, terutama ketika Undang-undang Perlindungan Konsumen telah berjalan efektif. Kehadiran profesi ini lebih diperlukan karena tuntutan hukum telah semakin sering dilakukan terhadap dokter dan fasilitas pelayanan kesehatan. Setiap rumah sakit tipe A harus memiliki minimal enam profesional rekam medis, sedangkan rumah sakit tipe B minimal empat orang. Untuk memenuhi kebutuhan ini, sekitar 20.000 lapangan pekerjaan terbuka untuk profesional rekam medis seluruh Indonesia.
Informasi Seputar Rekam Medis

Apa itu rekam medis? Mungkin Anda sudah mengetahui konsep rekam medis sebelum membaca artikel ini. Atau mungkin, Anda belum tahu sama sekali tentang pengertian rekam medis? Saya akan menjelaskan pengertian rekam medis, entah Anda sudah mengetahuinya atau belum. Dalam blog ini kita bisa berbagi pengetahuan, informasi dan juga lowongan kerja yang tentunya berhubungan dengan dunia rekam medis.
Rekam medis merupakan penjuruan baru dalam perguruan tinggi di Indonesia. Masih jarang terdapat jurusan rekam medis di setiap perguruan tinggi dan kalau adapun masih berupa jenjang D3. Hanya beberapa perguruan tinggi yang mempunyai jenjang D4 Rekam Medis.
Banyak lowongan pekerjaan bagi perekam medis diberbagai lembaga pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit dari berbagai media cetak terutama internet. Tidak percaya? Cari saja pakai Google dijamin 100% pasti ketemu. Tahun ini banyak dibutuhkan tenaga ahli rekam medis apalagi adanya gerakan Indonesia Sehat 2010, kalau tahun 2011 mendatang masih banyak tidak yah lowongan rekam medis? Berdoalah bagi yang masih semester 2 prodi rekam medis (n.n)

REKAM MEDIS adalah sebuah catatan atau berkas yang berisikan sebuah perekaman mengenai hasil pengobatan pasien. Catatan tersebut berupa identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain kepada pasien pada sarana pelayanan kesehatan.
Kegunaan Rekam Medis sangat diperlukan bagi pelayanan kesehatan terutama pada Rumah Sakit, karena dengan adanya rekam medis para dokter akan terbantu dalam memberikan pelayanannya kepada pasien.
Rekam medis adalah propesi yang sangat di butuhkan dalam dunia kesehatan, karena sampai sekarang ini tenaga rekam medis di indonesia masih sangat kurang atau di butuhkan baik di rumah sakit umum maupun rumah sakit swasta.
Rekam Medis catatan dan ingatan tentang pratek kedokteran dikenal sejak zaman palaelolitikum kurang lebih 25.000 sebelum masehi ditemukan di gua batu spanyol, Edwin Simth menemukan Papyrus yang ditulis pada tahun 1600 SM pada abad ke 19 dimesir masih tersimpan di New York Of Medicine.Sedangkan University Of Leipzing menyimpan papyrus Ebers yaitu ditulis pada tahun 1550 SM kurang lebih, yaitu ditemukan diantara kaki mumi dekat Thebes pada tahun 1872, Hippocrates lahir pada tahun 450 SM dikenal sebagai "Bapak Ilmu Kedokteran"
Rumah Sakit pertama yang menyimpan data rekam medis sejak dibuka pada tahun 1137 yaitu rumah sakit St Bartholomew di London, Inggris.
Raja Henry ke 8 sejak berkuasa pada tahun 91509-1547) membuat peraturan tentang menjaga kerahasian dan kelengkapan isi rekam medis adalah rumah sakit St Bartholomew sedangkan di Amerika rumah sakit Penzyvania di dirikan pada tahun 1752 yaitu menyimpan Indeks pasien yang di simpan sampai sekarang dan di Boston rumah sakit Massachusete oleh pustakawan Grace Whiting Meyers pada tahun (1859-1957) mulai membuat Katalog catatan- catatan rekam medis pasien dan mengenal terminologi medis (istilah- istilah kedokteran).